Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikannya

Jenis bank berdasarkan kepemilikannya 1. Bank perkreditan rakyat adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa lalu lintas pembayaran.

Jenis Jenis Koperasi Yang Ada Di Indonesia

Pembagian jenis ini disebut juga pembagian berdasarkan kedudukan atau status bank tersebut.

Jenis bank berdasarkan kepemilikannya. Nah pada kesempatan kali ini mari kita bahas tentang apa saja jenis bank berdasarkan kepemilikannya. Bank pemerintah adalah bank yang sebagian atau seluruh sahamnya dimiliki oleh pemerintah indonesia. Secara garis besar, jenis bank berdasarkan kepemilikannya dibagi menjadi 4 macam, yaitu bank milik pemerintah atau bank bumn, bank milik swasta nasional, bank milik asing, dan juga bank campuran.

Dilihat dari segi kemampuannya dalam melayani masyarakat, maka bank umum dapat dibagi ke dalam dua macam. Aspek tersebut meliputi fungsi, kepemilikan, status, dan operasional. Bank badan usaha milik negara (bumn) ialah bank yang mana akta pendiriannya serta modalnya dimiliki oleh pemerintah sehingga seluruh laba perusahaan bank tersebut dimiliki oleh pemerintah.

Bank sentral indonesia adalah bank indonesia (sumber: Berdasarkan kepemilikannya, jenis bank terdiri atas bank milik pemerintah, bank milik swasta nasional, dan bank milik swasta asing. Bank pemerintah adalah perusahaan perbankan yang seluruh atau sebagian besar kepemilikannya dimiliki pemerintah.

Jika dilihat berdasarkan dengan kepemilikannya, bank dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah : Kepemilikan ini dapat dicermati dari akte pendirian dan penguasaan saham yang dimiliki bank yang berkaitan (kasmir, 2010:36). Dengan demikian, dewasa ini di indonesia ada tiga macam bank yakni bank sentral, bank umum, dan bank perkreditan rakyat.

Bank pemerintah adalah bank yang akta pendirian maupun modalnya dimiliki oleh pemerintah. Jenis bank dilihat dari segi fungsinya. Selain itu, bank juga digolongkan berdasarkan fungsinya.

Apabila ditinjau dari segi kepemilikannya, jenis bank terdiri atas bank milik pemerintah, bank milik swasta nasional, dan bank milik swasta asing. Bank milik swasta nasional misalnya pada bank central asia (bca), bank danamon, bank muamalat, bank permata, dan lainnya. 1 ) bank milik pemerintah

Misalnya bank negara indonesia (bni), bank rakyat indonesia (bri), bank tabungan negara (btn), dan lainnya. Bank negara indonesia (bni), bank rakyat indonesia (bri), bank tabungan negara (btn), dan lainnya yak tergabung dalam bumn. Bank ini biasanya disebut sebagai bank bumn atau badan usaha milik negara.

7 tahun 1992 berdasarkan fungsinya, bank dibagi menjadi tiga jenis, yaitu: Apabila ditinjau dari sisi kepemilikannya, jenis bank terdiri atas bank kepunyaan pemerintah, bank kepunyaan swasta nasional, dan bank kepunyaan swasta asing. Seluruh keuntungan bank dimiliki oleh pemerintah pula.

Penggolongan bank tidak hanya berdasarkan jenis kegiatan usahanya, melainkan juga mencakup bantuk badan hukumnya, pendirian dan kepemilikannya, dan target pasarnya. Pengategorian berdasarkan kepemilikannya bank dibedakan menjadi bank milik pemeritah, bank milik swasta nasional, bank milik koperasi, bank milik campuran dan bank milik asing. Bank berdasarkan hukum islam antara bank dengan pihak lain untuk menyimpan dana atau pembiayaan usaha atau kegiatan perbankan lainnya.

Contoh bank bumn (badan usaha milik negara) Bank milik negara misalnya saja bank negara indonesia (bni), bank rakyat indonesia (bri), bank tabungan negara (btn), dan lainnya. Berikut ini jenis jenis bank berdasarkan kepemilikannya.

Dalam menentukan harga atau mencari keuntungan bagi bank yang berdasarkan prinsip syariah adalah sebagai berikut. Bank pemerintah adalah bank di mana baik akta pendirian maupun modalnya dimiliki oleh pemerintah, sehingga seluruh keuntungan bank dimiliki oleh pemerintah pula. Mengacu pada definisi bank, kepemilikan dapat dilihat dari akta pendirian dan penguasaan.

Terdapat 5 (lima) macam bank menurut kepemilikannya, yakni bank pemerintah, bank swasta nasional, bank koperasi, bank campuran, dan bank asing. Apabila ditinjau dari segi kepemilikannya, jenis bank terdiri atas bank milik pemerintah, bank milik swasta nasional, dan bank milik swasta asing. Bank milik pemerintah atau bumn

Perbedaan tersebut didasarkan pada beberapa hal seperti fungsinya, kepemilikannya, statusnya serta dari segi prinsipnya. Jenis bank dilihat dari segi kepemilikannya. Kepemilikan ini dapat dilihat dari akte pendirian dan penguasaan saham yang dimiliki bank yang bersangkutan (kasmir, 2010:36).

JenisJenis Bank Apa Itu Bank BUKU 1, 2, 3, dan 4?

11 Jenis Jenis Bank Berdasarkan Fungsi, Status

Pengertian Bank, Jenis, Fungsi, Tujuan & Asas Bank

Pengertian Bank Sentral Sejarah, Tujuan, Tugas, dan

Power BI Showcase Statistik Perbankan Indonesia

BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN EKONOMI

Bank Pengertian, Fungsi, Jenis, Sejarah, Produk & Sumber Dana

Jenis jenis Bank Berdasarkan Fungsi dan Cara Kerja. Kamu

BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN NON BANK

Jenis Jenis Bank Beserta Kiprah Dan Misalnya Terlengkap

Jenis jenis KPR berdasarkan banknya sebenarnya ada 2 yaitu

Mengenal KPR dan JenisJenis KPR

Jenis Jenis Koperasi Yang Ada Di Indonesia

Jenis jenis KPR berdasarkan banknya sebenarnya ada 2 yaitu

8 Jenis Bank yang Harus Kamu Tahu Blog Bukubank

Mengenal Fungsi Bank Secara Umum Beserta JenisJenisnya

Jenis jenis bank

3 Jenis Bank Menurut Kepemilikannya di Indonesia

Indonesia Memiliki 110 Bank Berdasarkan Kepemilikan Modal


Comments

Popular posts from this blog

Pt Bank Tabungan Negara

Contoh Motivation Letter Untuk Beasiswa Bank Indonesia

Alamat Bank Mega Semarang